1. Apakah sisa blush (pemerah pipi) yang tidak tuntas dibersihkan menyebabkan flek?

Pertanyaan yang sering ditanyakan. Apakah flek di wajah itu (salah satunya) karena sisa blush yang tidak bersih?

Secara umum seperti sudah saya sampaikan pada Ask The Expert sebelumnya, flek timbul karena ada hiperpigmentasi terjadi pada kulit wajah kita.

Penyebabnya banyak. Namun membersihkan wajah secara seksama sampai benar-benar bersih, termasuk bersih dari sisa blush adalah mandatory jika kita mau kulit kita sehat. Kulit bersih bisa menghindarkan kita dari berbagai masalah kulit termasuk di dalamnya flek. 

Tentang blush sendiri, produk makeup ini terdiri dari 3-4 komponen warna untuk menghasilkan nuansa warna yang diinginkan atau dianggap indah saat disapukan ke area pipi kita. Komponen seperti zin oxide, titatium diokside, mika, asam stearat adalah lemak alami yang digunakan untuk mengencerkan pigmen warna yang digunakan.

Dengan demikian, seperti halnya produk makeup lain dengan warna pekat seperti foundation, lipstick, eyeshadow yang diaplikasikan pada wajah maka untuk membersihkannnya perlu pembersih yang kuat. Jangan hanya gunakan makeup remover atau sabun, tetapi guna pembersih yang berbentuk cream atau oil untuk mengangkatnya. Pastikan wajah kita bersih saat beranjak tidur malam. 


2. Apakah terus menerus mencabut bulu alis bisa menyebabkan alis botak? 

Daerah alis memiliki serabut halus yang merupakan folikel rambut. Jika sering dilakukan penarikan, maka secara otomatis, bagian yang sering ditarik tersebut akan botak alias tidak lagi tumbuh bulu alis. Karena itu saat merapikan alis usahakan agar tidak selalu dilakukan cabut alis melainkan hanya dirapikan dengan cara digunting.
 

3. Saya pengguna contact lens setiap hari, amankah itu? 

Banyak yang mengalami inflamasi pada bola mata karena penggunaan lensa kontak yang kurang tepat. Langkah pertama selalu baca seksama aturan pakai yang tertera di kemasan.

Sebaiknya hentikan pemakaian lensa kontak ketika mata sedang sensitif. Walaupun ada jenis lensa kontak yang diklaim bisa dipakai saat tidur, lebih baik lepas lensa kontak saat tidur. Pada saat tersebut ada proses pembentukan protein di mata kita, jika lensa kontak digunakan maka akan terkontaminasi oleh proses itu dan mengiritasi mata. Selalu bersihkan lensa kontak dengan seksama.


4. Mengikat rambut terlalu keras (ponytail) akan menyebabkan kebotakan? 

Mengikat rambut seperti ponytail memang tidak disarankan untuk dilakukan terus menerus, misalnya tujuh hari dalam seminggu. Ketika ponytail dibentuk, seluruh bagian rambut ditarik ke atas dan diikat menjadi satu.

Pada saat itu bagian kepala akan terasa lebih berat dibanding saat rambut digerai. Karena adanya tarikan ke bawah, maka secara otomatis lapisan folikel rambut semakin lama akan semakin lemah dan rambut rontok. 


5. Apakah bulumata pendek bisa dipanjangkan dengan obat atau treatment yang banyak ditawarkan sekarang? 

Serum untuk bulu mata yang banyak dijual di pasaran saat ini bisa dicoba dengan cara pemakaian yang benar (ini banyak tidak diketahui konsumen). 

Cara pakainya adalah : oleskan ke bagian akar bulu mata (sepanjang garis bulu mata) dan harus dilakukan berulang-ulang 2-3 kali sehari. Pastikan bulu mata Anda bersih dari mascara, tetesan eyeliner atau sisa eyeshadow yang menempel. Serum bulu mata umumnya mengandung myristoyl pentapeptide 17hexapeptide 16panthenol green tea extract, dan lain-lain. 

Perlu Anda ketahui ada banyak faktor mengapa bulu mata kita pendek, salah satunya genetik. Jika ini adalah alasannya akan sulit untuk memanjangkan dengan bantuan treatment


Be gentle to your skin 

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id