Stres dan lelah tidak bisa dihindari, apalagi pada gaya hidup kita seperti saat ini. Ketika kita mengalami ini, tubuh akan bereaksi. Mungkin kita merasa pegal-pegal, sulit tidur, emosi turun naik dan seterusnya.

Stres dan kelelahan juga akan berpengaruh pada kulit kita. Wajah sebagai ‘etalase’ penampilan seseorang akan memberikan tanda-tandanya. Jika ini sudah terjadi maka kita perlu segera mengatasinya. 


Apa saja tanda kulit  yang sedang stres dan lelah? 

1. Bisa tiba-tiba jerawat muncul di mana-mana. Bagi yang cenderung berjerawat, maka kondisinya bertambah parah. Saat stres, tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol. Ketika hormon kortisol naik, kadar hormon testosteron akan ikut naik. Hormon khas pria ini (testoteron) menyebabkan lonjakan produksi sebum atau minyak di kulit sehingga menyebabkan jerawat lebih meradang.

2. Munculnya lingkaran hitam di sekitar kulit mata. Stres cenderung membuat kita sulit tidur sehingga sirkulasi darah melambat dan pembuluh darah di bawah mata meluas dan menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata. Juga mata yang terlihat sembap.

3. Kulit terlihat kusam, tidak bercahaya. Ketika tubuh kita lelah dan stres, tubuh banyak kehilangan cairan dan tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati secara alami. Itu sebabnya kita perlu bantuan dari luar dalam bentuk pelembap yang menghidrasi kulit dan eksfoliasi kulit secara rutin.

4. Bisa timbul gejala wajah memerah, hingga terlihat meradang. Stres bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan kering. 

5. Rambut rontok tanpa sebab juga salah satu tanda tubuh kita dilanda stres dan lelah. Begitu juga munculnya ketombe. 
 

Pertolongan Pertama Kulit Lelah 

1. Perbaiki cara kita melakukan perawatan rutin harian kulit kita. Hal dasar ini wajib dilakukan setiap hari minimal 2 kali sehari yaitu : cleansingtoning moisturizing. Lalukan juga eksfoliasi minimal seminggu sekali. 

2. Manjakan kulit dengan masker seminggu sekali atau sesuai keinginan. Sekarang tersedia masker instan yang sangat praktis. 

3. Gunakan eye cream atau eye gel dalam perawatan kulit sehari-hari. Jika matamu bengkak, kompres dengan kantung teh hangat atau es batu. Kurangi garam dalam asupan makanan sehari-hari. 

4. Bawa face mist di dalam tas dan semprotkan ke wajah begitu kulit terasa kering.

5. Gunakan sunscreen setiap hari untuk mengurangi efek UV yang membuat kulitmu semakin terlihat kusam. 

6. Gunakan shampoo untuk rambut rontok atau rambut rapuh dan hentikan dulu blow dry


Khusus untuk jerawat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulitmu apalagi jika terlihat meradang dan memerah. 

Be gentle to your skin!

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id