Salah satu inovasi kecantikan yang sudah dapat kita nikmati dengan harga terjangkau adalah sleeping mask alias masker wajah yang bisa dibawa tidur dan dibersihkan keesokan harinya. Sleeping mask seolah memanjakan beauty enthusiast yang nggak suka ribet-ribet.

Membahas tentang sleeping mask, saya akan mengawalinya dengan kondisi kita  saat tidur malam. Di saat kita tidur, tubuh kita melakukan tugasnya  recharging dan recovering  sel-sel  yang rusak, memproduksi lebih sedikit hormon stres (kortisol) dan lebih banyak hormon perbaikan untuk tubuh. 

Dengan demikian semua perawatan kulit menjelang tidur memang ditujukan untuk meningkatkan pembaharuan sel dan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga keesokan paginya kulit wajah kita tampak lebih segar dan glowing.

Konsep dari sleeping mask itu sendiri  berawal dari Asia seperti Korea dan Jepang yang banyak memberikan sentuhan massage ringan ke kulit wajah sebagai ritual harian menjaga kecantikannya. Sleeping mask umumnya mengandung komponen yang ringan agar kulit dapat menyerap dengan sempurna tanpa ada efek alergi alergi.

Sifat dari sleeping mask umumnya memberikan kekuatan kepada serum dan pelembab untuk menyerap lebih sempurna. Jadi  bisa disebut juga sebagai healer buat kulit.

Ada 2 sleeping mask yang umum dikenal :

1. Sleeping mask pad 
Sleeping mask Pad
 ditujukan untuk tidur lebih nyenyak, menghilangkan migraine, relaks maksimal. Tersedia dalam banyak varian aroma dan ada juga yang hanya digunakan di seputar mata (steaming eye sleeping pad) yang saat digunakan akan memberikan sensasi hangat pada mata. Untuk jenis ini sangat berguna jika kita  sedang mengalami migrain maupun susah tidur. 

Penelitian dari sleepfoundation.org menemukan bahwa sleeping pad ini akan maksimal jika digunakan bersama earplug (yang biasanya dipakai saat di pesawat) karena si pengguna akan lebih nyenyak tidur, dan kadar melatonin dalam tubuh juga meningkat. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan kualitas tidur dan keseimbangan hormon kortisol yang terjadi. 

2. Sleeping mask overnight cream 
Sleeping mask
 jenis ini berfungsi untuk mem-boosting kelembapan hingga ke dalam kulit. Bekerja untuk membantu memperbaiki kulit dari kekeringan, kerusakan sel dan juga penyerapan lebih maksimal serum yang kita pakai. Hasilnya kulit akan terlihat lebih cerah dan perbaikan kulit akan terlihat  signifikan.

Perhatikan ini saat kita ingin memakai sleeping mask :

1. Wajah dibersihkan dengan cleansing milk / cleansing oil 

2. Lanjutkan dengan cleansing wash /cleanser.

3. Berikan toner 

4. Aplikasikan eye serum /eye cream 

5. Aplikasikan  serum wajah.

6. Aplikasikan moisturizer, untuk menghidrasi kulit sedangkan serum untuk perbaikan kulit.

7. Aplikasikan sleeping mask. Jika kondisi kulit sensitif, maka aplikasikan  sleeping mask setelah pemberian toner dan eye serum

Seberapa penting sleeping mask untuk  kulit ?
Perlu saya jelaskan jika kita berkulit yang kering dan normal, pori-pori terbuka dan kerutan tampak jelas,  kita boleh membiarkan sleeping mask  baru sampai besok pagi dan  baru dibersihkan saat mandi.

Tetapi jika kulit tergolong sangat sensitif,  lebih baik gunakan 10 menit saja, setelah itu angkat tapi wajah tidak dibersihkan. Karena sebagai sleeping mask, jelas akan memberikan efek keesokan harinya. Jadi  jangan dibersihkan. 

Dalam beberapa kasus pasien saya, setelah menggunakan sleeping mask, keesokan harinya muncul bintik-bintik seperti kelenjar minyak. Ini  adalah salah satu pertanda kulit menolak komponen yang ada di dalam sleeping mask tersebut.

Yang perlu kamu lakukan adalah menenangkan kulit dengan tidak menggunakan cleansing wash, tetapi hanya cleansing milk kemudian berikan toner.  

Jadi jika ditanyakan apakah kita membutuhkan sleeping mask? Tentu saja sangat relatif terhadap setiap orang.

Yang jelas efek penggunaannya akan terlihat keesokan hari. Bukan pada saat itu juga. Pastikan juga komponen di dalamnya sesuai dengan jenis kulit kita. 

Untuk perawatan di salon  yang bagus dilakukan bersama penggunaan sleeping mask  di rumah adalah Face Dynamic Treatment, suatu terobosan teknologi dengan menggunakan topeng yang akan memberikan ’warna’ kepada lapisan kulit agar kulit memiliki energi dan mengeluarkan kolagen. Rona kulit menjadi lebih segar.

Be gentle to your skin

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id