Selain ketombe, rambut rontok adalah masalah rambut paling banyak orang di Indonesia. Untuk pria kebotakan adalah momok yang menakutkan. Secara umum banyak orang lupa bahwa kesehatan rambut juga bergantung pada kesehatan umum tubuh kita.

Jika kita mengalami kerontokan rambut sekitar 100 helai sehari, hal itu masih dikategorikan normal, karena masa hidup dan tumbuh rambut itu akan silih berganti. Jadi ada yang tumbuh dan yang harus terlepas  dari akarnya. Namun jika lebih dari itu, Anda perlu waspada karena bisa jadi itu merupakan tanda kebotakan. 

Rambut yang terus menerus rontok menyebabkan kebotakan atau Alopecia. Selain genetis, kondisi kebotakan bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya akibat stres berkepanjangan, obat-obat tertentu, faktor hormonal dan juga saat tubuh mengalami masalah imunitas tubuh dimana folikel rambut menjadi rusak. 

Ada dua jenis kebotakan yaitu Alopecia Totalis yaitu  kebotakan yang  terjadi pada kulit kepala dan Alopecia Universalis atau kerontokan rambut  yang terjadi di seluruh tubuh. 

Tanda-tanda fisik kebotakan adalah rambut berangsur-angsur menipis di bagian atas kepala, kerontokan yang tiba-tiba terjadi, terjadinya kerak-kerak di kulit kepala dan sangat gatal.

Jika hal ini terjadi, jangan tunggu lagi, anda perlu berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya agar sedapat mungkin kebotakan bisa dicegah. Dan jika sudah terjadi, dokter dapat menyarankan perawatan medis yang tepat. 

Seperti juga perawatan kulit, untuk menciptakan rambut sehat kita perlu   melakukan kebiasaan sehat yang dilakukan rutin. Cermati ini : 

  1. Melakukan treatment rutin seperti hair spa atau creambath agar rambut ternutrisi baik dan sirkulasi darah lancar.

  2. Di rumah, lakukan pijat kulit kepala secara rutin sebelum keramas menggunakan essential oil hangat. Bisa tea treeolive oil atau yang lainnya. 

  3. Pilih sampo yang baik, dan sesuai dengan jenis rambut. Gunakan conditioner hanya pada batang rambut. 

  4. Miliki sisir kawat dan sisir biasa (flat brush) yang baik. Sisir biasa untuk menyisir rambut basah, sisir kawat untuk sisir sehari-hari sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. 

  5. Jika rambut diwarnai, bleaching, dikeriting dan sebagainya rawat rambut lebih seksama dan mendalam sesuai kebutuhannya. 

  6. Kembali pada perawatan alami. Gunakan masker sayur atau buah dan konsumsi makanan yang mengandung bijian, gandum, sayuran hijau, jus wortel, jus bit, avocado, apel, pisang dan ikan. 

 

Be gentle to your skin 

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id