Ini pertanyaan klasik, apakah rambut panjang selalu rontok? Apakah rambut pendek bisa mengurangi kerontokan? Saya akan mencoba menjawabnya dalam tulisan kali ini. 

Rambut itu sel hidup?
Pernah tidak kamu berpikir kalau rambut itu hidup? Jangan takut, helai rambut tidak hidup, yang hidup itu folikel rambut. Folikel rambut adalah kantong kecil sel hidup yang berada tepat di bawah kulit kepala kita yang mendapatkan makanan dari pembuluh darah yang mengarah ke folikel dan kelenjar minyak di dalam folikel rambut.

Minyak dari kelenjar yang ada di folikel rambut inilah yang membuat rambut berkilau. Rambut itu terbuat dari protein yang disebut keratin, yang mengeraskan rambut. Keratin yang sama  juga mengeraskan kuku. 

Ketika seseorang sakit ataupun kekurangan gizi, rambut akan berhenti tumbuh. Jika penyakit bertambah parah, rambut akan rontok. Pada kondisi sakit, dan rambut mulai tumbuh, itu pertanda awal pemulihan telah dimulai. 

Ada  apa saja di dalam sehelai rambut?
Sama seperti kulit, helai rambut juga terdiri dari lapisan-lapisan. Setiap  helai rambut memiliki tiga lapisan :

1. Kutikula luar
Kutikula itu tipis dan tidak berwarna, tugasnya melindungi korteks yang lebih tebal, mengandung melanin, serta pigmen yang mewarnai rambut kita. Melanin  rambut terdiri dari 2 jenis : 

Eumelanin : Yang membuat rambut menjadi hitam atau coklat, tergantung seberapa banyak sel melanin yang ada. 

Pheomelanin : Yang membuat rambut  berwarna merah. Sedangkan rambut pirang  timbul karena sedikit sekali melaninnya. 

Sedangkan batang rambut kita diklasifikasikan menjadi 2 jenis:

Vellus hair : helai rambut yang halus dan hampir tidak terlihat kecuali  dilihat dekat atau menggunakan kaca pembesar.

Terminal hair : helai rambut yang lebih kasar, lebih panjang , dan  kasat mata. Kecuali telapak tangan dan telapak kaki, sebagian besar tubuh kita terlindungi  oleh rambut

2. Korteks tengah
Bentuk korteks pada penampang helai rambut akan menunjukkan apakah helai rambut akan lurus, bergelombang atau keriting.

3. Medulla bagian dalam 

Medulla bagian dalam memantulkan cahaya, memberikan warna pada rambut. Sebagian kualitas rambut dikendalikan oleh faktor keturunan. Rata-rata kepala kita memiliki 100 ribu folikel rambut, tetapi tidak semuanya dalam fase pertumbuhan yang sama pada saat yang sama. 

Rambut tumbuh sekitar setengah inci setiap bulannya. Setiap helai akan tumbuh dengan kecepatan yang sama sekitar 2-7 tahun. Kemudian masing-masing helai beristirahat.

Folikel rambut yang sedang istirahat itulah  yang disebut rambut rontok. Kerontokan rambut normal dalam satu siklus berkisar 50 hingga 100 helai per hari. Setelahnya rambut akan kembali tumbuh.

Bagaimana jika rontoknya banyak sekali?

Di luar kerontokan normal, ada juga kerontokan yang diakibatkan faktor lain. Pada wanita misalnya masalah hormon cukup mendominasi.

Misalnya perubahan hormon selama masa kehamilan menyebabkan rambut menjadi lebih berminyak. Yang itu artinya kelenjar minyak di folikel rambut juga meningkat dan bisa memicu kerontokan.

Alopecia adalah istilah untuk kerontokan rambut yang berlebihan atau abnormal. Kerontokan sering kita alami saat kondisi tertentu yang tidak kita duga. Selain kehamilan tadi, faktor stres dan penggunaan obat-obatan tertentu atau kondisi sakit dapat menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan rambut dan fase kerontokan. 

Lalu bagaimana dengan kebotakan? Apa pemicunya?

Tahukah kamu bahwa kebotakan dapat dipicu oleh diet yang salah. Diet dengan tinggi lemak yang tidak membuat gula darah seimbang secara konstan dapat menciptakan kondisi pada kelenjar minyak folikel tidak seimbang dan rambut terus rontok. 

Pada proses kebotakan, folikel rambut menjadi lebih besar dan lemah. Enzim tertentu yang terlalu banyak di kelenjar rambut semakin melemahkan folikel rambut.

Rambut tidak akan begitu saja mengalami kebotakan namun bertahap. Kita perlu mengetahui tahapan untuk dicoba disembuhkan. Lain kali saya akan bahas mengenai kerontokan rambut yang menyebabkan  kebotakan. 

Sekarang kembali pada  pertanyaan semula. Jadi apakah rambut panjang berbanding lurus dengan kerontokan rambut? Jawabannya adalah tidak. Jika rambut kita sehat, maka kerontokan normal saja yang akan terjadi karena itu memang siklus hidup pada folikel. 

Namun, karena helai rambut panjang itu jauh dari folikel yang juga menyediakan nutrisi untuk batang rambut, maka rambut panjang memerlukan perhatian yang lebih banyak dalam perawatan dan pembersihannya.  

Lakukan hal –hal berikut secara rutin, jika  berniat memanjangkan rambut :
1. Aplikasikan serum dan hair tonic setiap habis keramas agar akar rambut menjadi lebih kuat.

2. Rajin mengonsumsi vitamin untuk rambut seperti Vitamin B kompleks, amino acids dan kolagen yang sangat bagus untuk menjaga hair folikel rambut.    

3. Rajin melakukan masker rambut dengan menggunakan  virgin coconut oil  yang diaplikasikan ke seluruh helai rambut mulai dari akar rambut hingga ujung helai rambut. Gunanya untuk menyehatkan dan membuat rambut berkilau. Konon Kim Kardashian menggunakan VCO juga untuk merawat rambutnya. 

4. Hindari terus menerus mengikat atau menggulung rapat rambut. 

Be gentle to your skin

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id