Mata indah tanpa ada bayangan hitam di bagian bawah, sembab, berkantung, pasti impian semua orang. Masalahnya bayang-bayang mata panda ini terus menghantui dan bisa datang kapan saja. Bisakah diatasi sendiri di rumah atau memang harus dilakukam tindakan medis untuk mengatasinya? 
 

Penyebab mata sembab dan mata panda banyak sekali, apalagi saat ini kita banyak bekerja di depan layar komputer. Kita lihat satu persatu ya : 

  1. Sering bekerja di depan komputer sehingga terjadi ketegangan pada bola mata. 

  2. Dengan pertambahan usia, kondisi lapisan jaringan kulit semakin tipis. Kolagen dan elastin semakin berkurang, sehingga bagian bawah mata mengendur atau menghitam. 

  3. Kecapekan atau  terlalu lama tidur bisa menyebabkan mata sembab juga menghitam. Hal ini disebabkan jaringan tissue dibawah permukaan kulit  yang semakin menonjol keatas dan terlihat hitam.

  4. Alergi dan mata kering dapat memicu mata panda. Saat tubuh kita mengalami alergi, tubuh melepaskan histamin sebagai bentuk respon terhadap bakteri yang berbahaya, kondisi mata menjadi memerah, gatal, dan  membengkak. Di samping itu histamin juga menyebabkan pembuluh darah kita menjadi rentan dan semakin terlihat.

  5. Dehidrasi, penyebab umum bayangan hitam pada mata adalah kekurangan cairan pada tubuh. Saat tubuh kekurangan air, maka bagian bawah mata akan terlihat cekung dan redup. Hal ini disebabkan karena kedekatan antara jaringan pembuluh darah dengan bagian tulang di bawah lapisan kulit.  

  6. Sering memaparkan diri di panas matahari dimana efeknya adalah tubuh akan mengalami kelebihan produksi melanin yaitu pigmen pemberi warna pada kulit. Termasuk bagian mata, hal ini akan menyebabkan terjadinya pigmentasi pada bagian sekitar mata, sehingga terlihat sebagai bayangan hitam .

  7. Genetik, riwayat keluarga sangatlah berpengaruh walaupun bukan satu-satunya penyebab. 

 

Bagaimana mengatasinya? Ada  yang bisa dilakukan dengan perawatan alami dan bisa dikerjakan sendiri. Tapi ada juga yang butuh  bantuan tindakan medis. Kita lihat lagi satu persatu : 

  1. Jaga kesehatan mata dengan seksama. Berikan batasan terhadap kemampuan mata kita. Jadi jangan membaca di tempat gelap, istirahatkan mata setiap dua jam sekali saat bekerja di komputer, pastikan vitamin A cukup di dalam tubuh, beri krim mata atau yang baik sebagai bagian perawatan sehari-hari.

  2. Lakukan perawatan natural seperti di bawah ini : 

  • Kompres mata dengan es jika mata lelah ataupun sembab.

  • Perhatikan posisi tidur, atur kepala lebih tinggi dengan menumpuk beberapa bantal. Tugasnya agar cairan tidak menumpuk di bawah mata sehingga mata bengkak.                

  • Gunakan teh celup dingin untuk membantu sirkulasi darah di bagian mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah serta mengurangi cairan di bawah lapisan kulit. 

  1. Tindakan medis bisa dilakukan untuk perawatan lebih mendalam : 

  • Melakukan laser resurfacing, yang berfungsi untuk mengikis warna  kulit yang tidak sama dan meningkatkan kekencangan kulit. 

  • Tissue filler, mengisi jaringan yang kosong untuk menyamarkan pembuluh darah serta melanin yang menyebabkan perubahan warna kulit di bawah mata.

  • Pembuangan lemak bawah mata, untuk menghilangkan kelebihan lemak dan kulit di bawah mata menghasilkan permukaan yang lebih halus dan lebih rata.

 

Think before you take action! Karena treatment berlebih bukan cara memberikan hasil maksimal. Konsultasikan dengan dokter terpercaya sebelum melakukan tindakan.

Be gentle to  your skin

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id