Pasien saya mengeluh melalui Whatsapp : “Dokter, masa selama work from home ini saya merasa kulit saya semakin kering. Kenapa ya? Padahal saya merawat kulit harian cukup baik. Selalu pakai pelembap dan body lotion. Tapi udara memang panas sekali. Ada pengaruhnya enggak, ya?”

Siapa yang merasa punya masalah yang sama selama WFH ini? Saya coba diagnosa mengapa masalah ini banyak muncul? Apakah kebiasaan kita yang berubah turut memengaruhinya. Coba kita lihat satu persatu ya. 

Beberapa ciri-ciri yang  kulitmu memang sangat kering : 

1.Terasa kulit seperti  tertarik atau kesat saat kita selesai mencuci muka atau mandi.

2. Secara kasat mata kulit terlihat sangat kasar.

3. Mungkin bersisik maupun terlihat pecah-pecah.

4. Garis-garis wajah tampak lebih nyata.

5. Wajah tidak bersemu merah, tetapi terlihat pucat keabu-abuan.

6. Mungkin kamu mengalami bercak kemerahan di wajah.

Ada kemungkinan gaya hidup kita yang berubah selama masa WFH ini  menyebabkan kulit kita jadi cenderung lebih kering dari sebelumnya. Coba cermati kebiasaan-kebiasaan ini. Jika Anda melakukannya, kurangi.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi sangat kering, di antaranya : 

1. Terlalu lama berjemur di bawah panas matahari 
Ketika berjemur pagi hari yang banyak dilakukan saat ini untuk menambah Vitamin D kita, pikirkan durasinya. Tidak perlu terlalu lama, 5 – 10 menit cukup.)

2. Sering mandi air panas 
Lebih punya banyak waktu untuk berlama-lama di kamar mandi, tetap perhatikan ini.  Mandi air panas sesekali saja dan tidak perlu berlama-lama. Mandi bathtub? Boleh. Tapi cukup 10-15 menit!

3. Sering menggunakan sabun detergen
Kita jadi lebih sering mencuci tangan untuk menjaga kebersihan. Jangan lupa menggunakan body lotion yah.

4. Tidak rutin menggunakan pelembap dan body lotion
Walaupun tidak kemana-mana, perawatan dasar kulit wajah dan tubuh tetap harus dilakukan ya. Cuci muka, gunakan pelembap  untuk wajah dan body lotion untuk tubuh minimal dua kali sehari.

Ok, berikutnya apa saja yang kita bisa lakukan di rumah untuk  membantu kulit kita tidak kering : 

1. Lembapkan wajah dan tubuh segera sesaat selesai mandi untuk menjaga adanya humectant di tubuh dan wajah kamu.

2. Jika ada, gunakan humidifier di rumah. 

3. Gunakan sabun tangan dan sabun mandi yang lembut. Bisa berbentuk cream, oil ataupun yang khusus untuk kulit sensitif.

4. Saat kulit terasa kering sekali, gunakanlah olive oil sebagai pembersih wajah. Selain lembut saat mengangkat makeupolive oil dapat ‘meredakan kulit ‘yang tidak nyaman akibat terlalu kering.

5. Gunakan masker avokad yang juga dikenal sebagai best facial treatment DIY. Caranya : blender 1 buah avokad, 1 sendok teh madu, 1 sendok makan  makan lemon, 3 sendok makan yogurt. Dinginkan di dalam kulkas selama 3 menit lalu maskerkan ke wajah sambil dipijat. Diamkan 20 menit  lalu bersihkan dengan air hangat dan diakhiri air dingin. 

6. Saat mandi berendam, teteskan minyak aromaterapi untuk memberikan kelembapan tambahan pada tubuh.

7. Membiasakan diri untuk menggunakan alat kecantikan seperti ultrasound dengan sistem Iontophoresis (mudah menyerap ke dalam kulit) dan LED (mengaktifkan sel-sel jaringan kolagen di dalam kulit) setiap malam saat kita melakukan ritual skincare

8. Hindari menggunakan pakaian dengan bahan kasar dan ketebalan yang tidak nyaman di kulit karena akan mengakibatkan kulit kering semakin menderita.

9. Untuk yang terus menerus berada di dapur, menggunakan sarung tangan saat membersihkan bahan makanan, alat dapur dan lain-lainnya sangat membantu. 

Be Gentle to your skin 

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id