Dapat menjalankan ibadah puasa yang hanya setahun sekali sungguh sangat bermakna. Memenuhi kewajiban dengan keikhlasan, sehingga puasa terasa  ringan dan indah. 

Dari sudut pandang kesehatan, puasa juga sangat baik, dan menjadi detoks yang ampuh bagi tubuh. Selamat berpuasa ya.  

Kali ini saya mau memberi tips tentang cara menjaga kelembapan kulit selama Ramadan. Memang ada kecenderungan kulit wajah dan tubuh kita lebih kering dari biasanya, karena pola makan yang berubah. Tapi hal ini bersifat temporer dan sebenarnya mudah diatasi. 

Sebelum saya memberikan panduan merawat kulit saat berpuasa ini, saya akan memberikan beberapa tips umum agar kulit dan tubuh kita terjaga kesehatannya, sebagai berikut : 

1. Di saat puasa kondisi tubuh kita harus terjaga dari sisi nutrisi, cukup istirahat dan cukup terjaga keseimbangan air dalam tubuh. 

2. Tidak mengonsumsi makanan terlalu pedas di saat kita berbuka maupun sahur agar pencernaan kita tetap sehat. 

3. Berpuasa sehari penuh, berarti tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama 12 jam. Hal ini lah salah satu faktor terbesar kulit menjadi kering. Apalagi jika udara juga panas. 

Jadi bagaimana agar kulit kita tetap terhidrasi baik? Berikut ini tipsnya yang bisa langsung dipraktekkan hari ini juga, agar kulit tetap lembap : 

1. Di saat sahur maupun berbuka, adalah kesempatan kita untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Sumber kelembapan kulit adalah air, jadi manfaatkan kedua kesempatan ini sepenuhnya. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka kelembapan kulit akan terjaga.

2. Asupan air ph alkaline dapat dijadikan pilihan. Kandungan air yang mengandung ph alkaline dapat menjaga tubuh lebih terjaga hidrasinya secara optimal. Pastikan minum cukup. 

3. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan termasuk di saat sahur  agar tubuh mendapat maksimal nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kelembapan kulit kita dari dalam. 

4. Membuat sendiri jus buah dan sayur sangat dianjurkan. Ini juga untuk menghindari kebosanan. Kreatif dengan campuran yang baru.

5. Perhatikan cara membersihkan wajah. Berwudhu 5 kali sehari  juga termasuk memberi kesegaran pada wajah. Itu sudah cukup. Untuk membersihkan wajah  lakukan dua kali sehari saja. Pilih pembersih dengan ph rendah yang tidak akan mengikis kelembapan kulit normal kita. (Lihat dalam kemasannya).

6. Walaupun di rumah saja, mengaplikasikan pelembap 2 kali sehari adalah wajib. Gunakan pelembab yang cocok untuk tipe kulit Anda. Kulit kering dan berminyak membutuhkan pelembab yang sama, yaitu yang mengandung banyak air, karena kulit kita membutuhkan banyak air.

7. Mumpung lagi banyak di rumah, masker wajah seminggu dua kali. Pilih  jenis yang melembapkan. 

8. Jangan dilupakan hand & body lotion. Aplikasikan setiap saat kulit terasa kering. Banyak terjadi kulit kaki mengelupas, itu tanda-tanda nyata kulit menjadi sangat kering.

Coba aplikasikan pertroleum jelly sebelum tidur dan pakaikan kaus kaki. Biarkan semalaman dan bersihkan saat sahur. Pastikan selalu pakai sandal di rumah.

9. Bibir pun perlu dapat perhatian karena biasanya paling menderita saat kulit kita menjadi kering. Tambahkan ritual pakai vitamin atau pelembap bibir saat  membersihkan muka dan mengaplikasikan serum di malam hari. 

10. Gunakan UV  protection. Perlindungan kulit secara maksimal adalah krusial. Gunakan tabir surya dengan SPF min 15 sangat aman kulit dalam pemakaian rutin sehari-hari.

Selamat mencoba. Be gentle to your skin, always

TAGS : Femina
Tanya Pakar
Social Media Kami
Pusat Perawatan Wajah dan Kecantikan Skinovation Thamrin Residence
Office Park Blok A no. 10
Jl. Kebon Kacang Raya
Central Jakarta, Indonesia

Lihat Peta
Jam Kerja Mon - Sat : 10am - 6.30pm
Sunday : Closed

© skinovation.co.id